Telp/Hunting : (021) 29070732 - No. WA +6281218122466 / 081519973093 - Email : osmomarina@gmail.com

osmomarina
 

News

Tanggal posting : 08-08-2016
PT. OSMO MARINA MANDIRI sebagai penjual pompa industri se Indonesia dengan memegang brand EBARA, TORISHIMA, GRUNDFOS, LOWARA dan GAE SERO ingin berbagi sedikit informasi bagi pembaca yang tertarik dengan pengetahuan dan pengertian pompa yang paling sering kamu jual belikan yaitu pompa tipe sentrifugal atau centrifugal pump. 
Pengertian pompa sentrifugal dan komponen utamanya- artikel pengetahuan kali ini akan membahas mengenai salah satu peralatan yang sering digunakan pada kilang minyak yaitu pompa sentrifugal.Seperti yang kita ketahui, pompa terdiri dari beberapa macam dan prinsip kerja yang tentunya berbeda-beda. Inti dari pokok pembahasan kita kali ialah pengertian pompa sentrifugal dan fungsi komponen-komponennya.

Pompa sentrifugal adalah pompa yang memiliki elemen utama berupa motor penggerak dengan sudu impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi. Prinsip kerjanya yaitu merubah energi mekanis dari alat penggerak menjadi energi kinetis fluida (kecepatan), kemudian fluida akan diarahkan ke saluran buang dengan menggunakan tekanan (energi kinetik sebagian fluida diubah menjadi energi tekanan) dengan menggunakan impeller yang berputar di dalam casing. Casing tersebut dihubungkan dengan saluran hisap (suction) dan saluran tekan (discharge), untuk menjaga agar di dalam casing selalu terisi dengan cairan, maka saluran hisap harus dilengkapi dengan katup kaki (foot valve).

Pompa ini memiliki bebrapa komponen-komponen penyusunnya baik itu komponen yang bergerak maupun yang tidak bergerak, seperti berikut:
Komponen bergerak
  1. Shaft (Poros), bagian ini berfungsi untuk meneruskan momen putar dari penggerak selama pompa dalam kondisi beroperasi, komponen ini berfungsi juga sebagai dudukan impeler dan bagian yang bergerak lainnya.
  2. Impeller, berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari pompa menjadi energi kecepatan pada fluida yang dipompakan secara continue (terus menerus). Dengan adanya proses ini maka saluran suction (hisap) akan bekerja secara maksimal dan terus menerus sehingga tidak ada kekosongan fluida dalam rumah pompa.
  3. Shaft sleeve, berfungsi untuk melindungi shaft dari erosi, korosi dan keausan pada stuffing box. komponen ini bisa sebagai internal bearing, leakage joint dan distance sleever.
  4. Wearing ring, komponen ini dipasang pada casing (wearing ring casing) dan impeller (wearing ring impeller). Fungsi utama dari komponen ini yaitu untuk meminimalisir terjadinya kebocoran akibat adanya celah antara casing dengan impeller.


Komponen tidak bergerak 
  1. Casing (rumah pompa), merupakan bagian terluar pompa sebagai pelindung elemen yang berada di dalamnya, tempat kedudukan diffuser, inlet nozzle, outlet nozzle dan sebagai pengarah aliran dari impeller yang akan mengubah energi kecepatan menjadi energi tekan.
  2. Base plate, berfungsi sebagai tempat dudukan seluruh komponen pompa.
  3. Diffuser, alat ini dilekatkan pada pipa dengan menggunakan baut,  fungsi  dari alat ini ialah mengarahkan aliran pada stage berikutnya dan merubah energi kinetik pada fluida menjadi energi tekanan.
  4. Wearing ring casing, alat ini dipasang pada casing untuk mencegah kebocoran yang terjadi akibat adanya celah pada casing dan impeller.
  5. Stuffing box, pada umunya memiliki fungsi sebagai tempat kedudukan beberapa mechanical packing yang mengelilingi shaft sleeve. Fungsi dari alat ini ialah mencegah kebocoran pada daerah dimana pompa menembus casing seperti udara yang dapat masuk ke dalam pompa dan cairan yang keluar dari dalam pompa.
  6. Discharge nozzle, yaitu tempat keluarnya cairan yang bertekanan dari dalam pompa.
Dalam kilang minyak, jenis pompa yang paling banyak diaplikasikan yaitu pompa jenis sentrifugal, baik itu dalam pengaliran minyak mentah, produk maupun untuk keperluan utilities. Demikianlah artikel pengetahuan kali ini mengenai pompa sentrifugal dan komponen utamanya. Semoga bermanfaat bagi anda.

Tercapat bermacam-macam pompa yang kami jual antara lain dengan brand :
Jual Ebara
Jual Pedrollo
Jual Calpeda
Jual Grundfos
Jual Franklin Electric
Jual Pulsafeeder
Jual Torishima
Jual GAE SERO
Jual Lowara
Jual Tsurumi
Jual CNP
Jual HCP
Jual Southern Cross
Jual SIHI Sterling
Jual Oriental Koshin Pump
Jual SEKO
.........


Tanggal posting : 04-08-2016

Hidrodinamika Air Untuk Sistem Pompa (Apakah Memperkecil Ukuran Pipa Akan Memperbesar Tekanan Air

Kami akan secara teratur membahas mengenai dasar-dasar hidrodinamika air untuk sistem pemompaan. Pembahasan hidrodinamika ini akan berfokus pada mekanika fluida aliran air pada pipa. Kami akan mencoba membahas artikel ini sesederhana mungkin agar dapat dipahami oleh khalayak ramai yang tidak memiliki latar belakang teknis..........


Tanggal posting : 04-08-2016
The blessed curse of infrastructure - Suatu keuntungan dan kerugian dari infrastucture
Baru-baru ini di Frankfurt, Jerman menghadiri pameran dagang. Aku mengambil keuntungan dari apa yang saya selalu berpikir untuk menjadi sistem kereta api Jerman mengesankan. Hotel kami  berjarak dekat dari stasiun dan kami berjalan kaki dari Hauptbahnhof (stasiun kereta api utama). Setiap pagi saya mengambil lima menit berjalan kaki ke naik kereta ke pusat pameran, berjalan melalui bagian eklektik dan beragam budaya dari kota, yang jauh lebih hidup daripada aku di 07:30
Aku memasuki stasiun melalui eskalator luar ruangan yang membuat saya turun bawah tanah ke kompleks pejalan kaki besar, di mana aku bisa menavigasi perjalanan ke platform yang tepat. Sayangnya, meskipun, apa yang menyapa saya adalah pemandangan saya menemukan tidak biasa bagi Jerman yang sangat efisien: bau lebih terlihat urin; grafiti lebih umum; gulma yang lebih tinggi; dinding kotor dan lantai dan kursi usang.
Itu mengingatkan saya apa yang terjadi pada fasilitas umum di AS Ada tampaknya lebih garis air istirahat, jalan semakin bergelombang, dan jembatan yang menunjukkan lebih karat dari cat. Dalam kartu laporannya tahun 2013, American Society of Civil Engineers diberikan infrastruktur Amerika D + kelas. Kelompok ini memperkirakan bahwa bangsa harus berinvestasi $ 3600000000000 pada tahun 2020 untuk mempertahankan dan meningkatkan itu.
Bahkan lebih dekat ke rumah (secara harfiah), kami harus baru-baru ini mengecat rumah kami, segel jalan masuk, menginstal karpet baru, dan mengganti beberapa jendela. Tidak cukup beberapa triliun, tapi tidak murah baik.
Singkatnya, Kita cenderung untuk menggunakan infrastruktur berjangka ketika pembelian yang lebih besar, dan kami ingin entah bagaimana merasionalisasi membuat "investasi." Jangan salah, meskipun, itu masih hanya barang.
Apakah kita secara pribadi membeli mobil atau rumah, kontrak pemerintah untuk bangunan atau jalan, atau dana usaha tanaman atau platform perangkat lunak, kita tahu untuk mengharapkan pengeluaran kas awal. Apa yang kita sering mengabaikan adalah apa yang kita akan diperlukan untuk terus-menerus operasi dan pemeliharaan.
Infrastruktur sangat penting. Kami membutuhkannya untuk bertahan hidup dan bahkan berkembang, tapi kami terus-menerus meremehkan biaya jangka panjang. Kita sering melakukan pembelian dan menikmati hal-hal dalam jangka pendek, sementara mengabaikan realitas kewajiban jangka panjang kami. Ini pasti menciptakan masalah untuk kita (atau banyak kali orang lain) untuk menangani jalan. Saya tidak percaya "menyerahkan kepada generasi berikutnya" mentalitas biasanya berbahaya, namun dalam pemerintahan dan, untuk tingkat yang lebih rendah, dalam bisnis, sering berasal dari kenaifan belaka dan, sering, kebanggaan yang berlebihan.
Biaya Total Kepemilikan telah menjadi istilah di mana-mana dalam masyarakat kita, namun, masih dihilangkan dari banyak keputusan pembelian. Apakah Anda mempertimbangkan untuk upgrade rumah tangga? Apakah faktor bisnis Anda ke dalam teknologi atau fasilitas perbaikan? Apakah pemerintah Anda memasukkannya dalam perencanaan transportasi?
Sebagian besar dari kita di industri ini menjual infrastruktur, seperti pompa, motor, kompresor, kopling, blower dan, dalam kasus Intelliquip, perangkat lunak. Kita bisa dan harus menentukan dan memberikan contoh pemahaman kita tentang "total biaya kepemilikan." Jika kita benar-benar digunakan TCO dalam kehidupan kita sendiri, maka mungkin akan lebih mudah bagi kita untuk menjual konsep untuk prospek kami.
.........

Tanggal posting : 04-08-2016

Engineers that specify an appropriate mechanical sealing system on their pumps can significantly improve the energy efficiency of a manufacturing plant as it is estimated that around10 % of electrical power is used for pumping equipment [1]. Unsurprisingly, regulatory bodies and engineers are focussed on improving the energy efficiency of pumps and pumping systems. Choosing the right mechanical seal is one of the most effective ways of doing this..........


Tanggal posting : 31-07-2016
Masalah motor atau dinamo mesin pompa air tidak bisa berputar merupakan persoalan yang sudah umum terjadi khususnya untuk unit pompa yang sudah berumur lama.
Dalam hal ini ada 4 indikasi yang dapat memicu persoalan mesin pompa tidak mau berputar yaitu adanya kotoran pada rumah motor, dynamo sudah terbakar, kerusakan kapasitor dan satu lagi adalah masalah sumber daya listrik yang kemungkinan sedang mengalami penurunan tegangan ataupun daya yang tidak mencukupi.

Analisa Penyebab Mesin Pompa Air Tidak Berputar

Berikut ini adalah beberapa tahap pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui sumber masalah penyebab mesin pompa tidak bisa berputar.

Kotoran dan Kerak Yang Menumpuk
Untuk mesin pompa air yang berada di dalam rumah pompa ataupun pada ruangan terbuka tetap beresiko akan terkena kotoran mulai dari debu biasa hingga gejala kerak yang menyebabkan karat.
Biasanya kotoran ini akan bersarang di bagian ruang dynamo disekitar spul juga pada bagian laher. Jika sudah terlalu lama tidak dibersihkan maka akan mengeras dan memicu karat sehingga membuat putaran motor menjadi terganggu apalagi kalau mesin pompa kurang aktif dalam pemakaiannya.
Persoalan ini biasanya masih dapat teratasi dengan membantu mesin untuk melakukan putaran awal yaitu dengan memutar kipas searah jarum jam memakai obeng sambil dinyalakan sampai motor bisa berputar normal.

Dinamo Terbakar Atau Soak

Jika mesin pompa sudah tidak mau berputar bahkan dengan cara dibantu dengan memutar kipas tetap saja tidak bisa bergerak lagi, maka dapat dipastikan bahwa spul sudah terbakar parah.
Kalaupun masih dapat berputar namun terasa berat artinya spul hanya mengalami kerusakan sebagian saja namun hal ini juga akan membuat mesin tidak dapat beroperasi secara normal.

Kerusakan Kapasitor
Pada motor listrik 1 phasa, komponen kapasitor berfungsi sebagai starter run yang artinya membantu dynamo untuk melakukan start putaran awal. Jadi apabila kapasitor rusak ataupun soak, maka mesin pompa air juga akan mengalami masalah pada putarannya. 

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Satu persoalan yang juga dapat mengakibatkan putaran mesin pompa tidak normal adalah masalah pada sumber daya listriknya khususnya adalah tegangan listrik yang kurang stabil.
Jika pompa dipasang sangat jauh dari sumber tegangan (jaringan induk) dengan menggunakan penghantar atau kabel berukuran kecil biasanya tegangan yang sampai pada mesin pompa sudah tidak utuh lagi. Jika tegangan AC normal untuk dapat menggerakkan dinamo adalah antara 215volt hingga 225 volt maka dengan jarak yang jauh dan kabel ukuran kecil, bisa jadi tegangan akan menyusut kurang dari batas normal.
Maka dengan ini mesin pompa pasti akan kesulitan berputar bahkan biasanya hanya akan bergerak lambat bahkan mesin pompa hanya terdengar berdengung saja.
Cara mengatasinya bisa dengan menambahkan grounding ataupun dengan mengganti ukuran kabel listrik yang lebih besar minimal adalah NYA 2,5 mm agar dapat mempertahankan tegangan pada batas normal.
.........


Pages prev 1 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 next


Catalog
Popular Products

Manufacturers


Alamat Kami

Mega Glodok Kemayoran Lantai GF,Blok B5-05
Jalan Angkasa Kav.86 Jakarta Pusat
Telp/Hunting : (021) 29070732
No. WA +6281218122466 / 081519973093
Email : osmomarina@gmail.com

Social Network
          
Copyright 2014 osmomarina.com All Right Reserved
Web Development by jasa website