Mega Glodok Kemayoran Lantai GF,Blok B5-05
Jalan Angkasa Kav.86 Jakarta Pusat
Telp/Hunting : (021) 29070732
No. WA +6281218122466
Email : osmomarina@gmail.com

 
 
Popular Products
Ebara DF Submersible Pump
SEKO AKL TEKNA EVO SERIES
Pompa Ebara SQPB Cast Iron
Gear Pump GL Series Oriental Koshin
Alkon Robin Self Priming Pump
Vanco Mushroom Blower
Jainson Submersible Cable
HCP P4 Series 4" Submersible Deep Well Pump
Pedrollo 4SR Series Submersible Pump
Pedrollo 2CP Series Multistage Pump

News

Tips Dalam Membedakan Star Delta Kabel dan DOL Kabel
Date of posting : Kamis, 24 August 2017 | 16:21 WIB
By : Osmo marina - view 88

Tips Dalam Membedakan Star Delta Kabel dan DOL Kabel

Perbedaan star delta dan dol pada pompa - Dalam sistem kelistrikan pompa terdapat istilah star delta kabel dan DOL kabel. Bagi Anda yang sudah memahami dengan jelas tentang kelistrikan pompa mungkin sudah paham mengenai kedua istilah tersebut sehingga mudah untuk membedakannya. Sedangkan bagi Anda yang belum paham tentang kelistrikan, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang perbedaan star delta dan DOL pada pompa.

                Perbedaan star delta dan DOL pada pompa bisa dimulai dengan memahami pengertian istilah tersebut. DOL kabel merupakan kabel yang menghubungkan antara motor pompa ke sumber listrik. Pemasangan sistem DOL mirip dengan pemasangan sistem listrik di rumah. Tidak perlu menggunakan embel-embel apapun, bagian ujung kabel dapat langsung terhubung ke sumber listrik. Sedangkan star delta kabel memiliki 3 buah kontraktor sebelum kabel terhubung ke listrik.

                Sebetulnya dalam penggunaan star delta kabel maupun DOL kabel sama-sama saling dibutuhkan dalam pompa. Pada DOL kabel tidak dibutuhkan tambahan apapun ketika menghubungkan kabel dengan sumber listrik. Sedangkan Star Delat membutuhkan tambahan ketika menghubungkan kabel yaitu 3 buah kontraktor.

                Agar lebih mudah dalam membedakan star delta kabel dengan DOL kabel sebetulnya cukuplah mudah. Perbedaan star delta dan DOL pada pompa bisa diketahui dengan membuka terminal box serta melihat konfigurasi winding motor penggerak pompa yang terdapat pada terminal box.

                Terminal box memiliki peranan yang penting untuk mengetahui perbedaan kabel yang digunakan pada pompa. Dalam hal ini Anda bisa mengecek motor induksi 3 frasa bekas yang sudah tidak terhubung oleh arus listrik manapun.

                Ketika terminal box dibuka dan tidak terdapat lempengan besi yang terhubungan pada winding, maka dapat diketahui bahwa benda tersebut merupakan star delta kabel. Sedangkan jika terdapat lempeng besi yang mampu memberikan konfigurasi sehingga membentuk titik netral, maka termasuk dalam DOL kabel. Selain itu perbedaan star delta dan DOL kabel pada pompa dapat diketahui dari lempeng besi yang menyambungkan antar winding pada pompa.

                Itulah penjelasan mengenai tips membedakan star delta kabel dan DOL kabel. Sebagai salah satu penyedia pompa dan beragam perlengkapannya, kami akan memudahkan Anda untuk menentukan ukuran kabel secara tepat serta memudahkan Anda mengetahui perbedaan star delta dan DOL pada pompa.

 

Jika Anda ingin membeli produk pompa berbagai merek dan peralatannya silahkan kunjungi web kami osmomarina.com dengan kontak langsung ke nomor telepon Kami di 021 – 29070732 .

More News
Copyright 2014 osmomarina.com All Right Reserved
Web Development by jasa website