Mega Glodok Kemayoran Lantai GF,Blok B5-05
Jalan Angkasa Kav.86 Jakarta Pusat
Telp/Hunting : (021) 29070732
Email : info@osmomarina.com

 
 
Customer Services
Popular Products
Pompa Ebara SQPB Cast Iron
Gear Pump GL Series Oriental Koshin
Alkon Robin Self Priming Pump
Vanco Mushroom Blower
Jainson Submersible Cable
HCP P4 Series 4" Submersible Deep Well Pump
Pedrollo 4SR Series Submersible Pump
Pedrollo 2CP Series Multistage Pump
Ebara DW VOX Series Submersible with Vortex Impeller
Ebara EVM Series Vertical multistage Pump

News

Fungsi Pompa Dosing Untuk Industri Kimia
Date of posting : Senin, 21 November 2016 | 21:41 WIB
By : Osmo Marina - view 1049

Fungsi Pompa Dosing Untuk Industri Kimia

Proses pembuatan makanan atau minuman pada skala industri biasanya memanfaatkan reaksi-reaksi kimia antara satu bahan dengan bahan lainnya. Agar hasil produksinya sesuai dengan target, maka pencampuran bahan kimia yang digunakan harus akurat dan presisi. Karena itu untuk skala industri pabrik makanan dan minuman, pencampuran bahan menggunakan alat yang dinamakan dengan pompa dosing.

 Pompa dosing yang punya nama lain pompa injeksi kimia dan metering pump adalah pompa yang bisa menginjeksikan cairan tertentu (bahan kimia dan bahan lainnya) ke dalam cairan pelarut lainnya yang umumnya adalah air. Pompa dosing ini dilengkapi dengan pengatur debit cairan yang dikeluarkan sehingga pencampuran bahan materi dengan bahan pelarut bisa akurat takarannya. Biasanya, penggunaan pompa yang bisa ditemukan di toko jual pompa dosing ini adalah untuk industri kimia, industri makanan, proses semikonduktor, produksi film dan fotografi, fasilitas pengolahan air, dan boiler bahan kimia.  

Cara kerja pompa dosing

Ada banyak merk pompa dosing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi yang mumpuni. Salah satunya bisa Anda dapatkan di distributor pompa Grundfos yang menyediakan tipe-tipe pompa dosing dengan berbagai spesifikasi khusus. Merk menentukan bagaimana cara kerja sebuah pompa dosing tetapi secara umum cara kerja pompa ini adalah menarik cairan kimia dengan jumlah tertentu kemudian menginjeksikannya ke pelarut dengan takaran tertentu. Pelarut yang digunakan bisa berupa air, gas, atau uap panas. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencoba memahami penjelasan sederhana mengenai cara kerja pompa dosing berikut ini:

1.             Komponen pompa dosing yang paling dasar adalah katup yang menyedot cairan kimia dari tangki bahan kimia yang akan disedot, pemompa, dan injector.

2.             Katup yang digunakan adalah katup satu arah yang diberi pemberat agar tetap berada di bagian dasar tangki cairan kimia yang akan dipompa. Beberapa merk menambahkan float switch yang fungsinya sebagai alarm apabila cairan kimianya sudah habis.

3.             Terhubung dengan katup adalah pompanya yang menggunakan bahan material plastik tahan bahan kimia seperti PVC, PE, atau stainless steel.

4.             Kemudian cairan yang sudah dipompa dari tangki akan disemprotkan ke cairan pelarut yang mengalir dengan takaran tertentu. Setelah katup injeksi menyemprotkan bahan kimia dalam jumlah tertentu secara otomatis pompa akan berhenti memompa. Teknologi yang digunakan saat ini adalah katup yang bisa menyemprotkan cairan di tengah-tengah arus pelarut agar tidak menyebabkan korosi pada dinding-dinding saluran, sehingga cairan akan langsung terlarut. 

Penggunaan pompa dosing yang luas

Sebelumnya telah disebutkan penggunaan pompa dosing untuk industri pengolahan makanan, tapi sebenarnya aplikasi dari pompa dosing ini tidak terbatas hanya itu saja. Toko yang jual pompa dosing juga menjadi supplier untuk usaha atau pengembangan dunia agrikultur, misalnya untuk pemberian pupuk pada tanaman atau pestisida dengan takaran yang tepat dan efisien. Digunakan juga pada pengolahan air untuk memisahkan air dari bahan-bahan yang berbahaya dengan cara memanfaatkan reaksi bahan-bahan kimia tertentu agar jadi limbah yang ramah lingkungan atau untuk kebutuhan konsumsi. Kegunaan lain dari pompa dosing adalah untuk industri penambangan, manufaktur, pengobatan, dan lainnya. 

Tidak hanya eksklusif digunakan untuk keperluan industri, Anda pun bisa memanfaatkan cara kerja pompa dosing untuk skala yang lebih kecil misalnya sekedar mengatur kadar pH pada air dengan menyuntikkan zat kimia tertentu, atau untuk menyuntikkan klorin untuk membunuh bakteri agar air steril. Selain di toko pompa dosing, Anda juga bisa membelinya di toko yang jual pompa submersible

 

 

More News
Copyright 2014 osmomarina.com All Right Reserved
Web Development by jasa website