Mega Glodok Kemayoran Lantai GF,Blok B5-05
Jalan Angkasa Kav.86 Jakarta Pusat
Telp/Hunting : (021) 29070732
Email : info@osmomarina.com

 
 
Customer Services
Popular Products
Pompa Ebara SQPB Cast Iron
Gear Pump GL Series Oriental Koshin
Alkon Robin Self Priming Pump
Vanco Mushroom Blower
Jainson Submersible Cable
HCP P4 Series 4" Submersible Deep Well Pump
Pedrollo 4SR Series Submersible Pump
Pedrollo 2CP Series Multistage Pump
Ebara DW VOX Series Submersible with Vortex Impeller
Ebara EVM Series Vertical multistage Pump

News

Fungsi Kapasitor pada Pompa Air
Date of posting : Jumat, 21 October 2016 | 18:16 WIB
By : Osmo Marina - view 1981

Fungsi Kapasitor pada Pompa Air Anda

Kapasitor pada Pompa Air Anda sangatlah penting dan memberikan banyak manfaat dan fungsi . Terang sekali kita terkadang melupakan apa manfaatnya. Saat ini Osmo Marina Jual Pompa Air akan menjelaskan mengenai Kapasitor dan Fungsi

 

Pada prinsipnya kapasitor adalah alat yang dapat menyimpan muatan listrik setelah alat itu dialiri arus listrik dalam waktu yang cukup lama, sehingga arus listrik yang sudah tersimpan didalam kapasitor tersebut dapat digunakan kembali untuk keperluan lain seperti proses starting motor salah satunya, selain itu kapasitor juga dapat digunakan untuk memperbaiki faktor daya pada tegangan jala jala (PLN), yang berdampak pada penghematan pemakaian listrik dikarenakan nilai faktor daya cukup baik yaitu cos phi 0.8-1.0.


Pada mesin pompa air terdapat satu kapasitor yang berfungsi untuk proses starting pada saat mesin dihidupkan, perlu diketahui pada saat starting, motor memerlukan energi yang cukup besar untuk menghasilkan energi putar, maka sebagian arus listriknya dipasok dari kapasitor sehingga beban motor menjadi ringan saat starting, Besaran kapasitor yang digunakan pada mesin pompa air umumnya apada kisaran antara 4-16 micro farad. (tergantuk merek).


Bagaimana jika kapasitor mengalami kerusakan, kapasitor akan mengalami kerusakan seiring dengan waktu pemakaian, dalam hal ini fungsi kapasitor akan mengalami penurunan seperti tidak dapat menyimpan arus listrik lagi, dampak dari kerusakan ini , motor atau pompa air tidak dapat berputar pada saat mesin dihidupkan, mesin dapat berputar jika dibantu menggunakan tangan, kejadian ini akan berulang terus menerus sampai kapasitor diganti dengan yang baru.


Tanda tanda kerusakan pada kapasitor, dapat dilihat dari perubahan fisik pada badan kapasitor seperti, menggelembung, atau berminyak, atau terdapat bekas ledakan, jika tanda fisik tidak terlihat pada kapasitor maka untuk mengetahuinya bisa diukur menggunakan multi tester atau alat ukur kapasitor.


Apabila Anda memiliki masalah mengenai kapasitor pada mesin pompa air Anda. Maka Para Pembaca jangan segan untuk mencoba menghubungi Distributor Pompa PT. Osmo Marina sebab kami menjual bermacam-macam pompa air dan kapasitor pompa air untuk Anda. Tentu saja dengan harga terbaik dan kualitas terbaik kepada Anda. 


More News
Copyright 2014 osmomarina.com All Right Reserved
Web Development by jasa website